Sosok Penting Dibalik Lahirnya Hari Kebangkitan Nasional

Setiap tanggal 20 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Peringatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pemersatu bangsa pada awal kemerdekaan Indonesia. Di samping itu, tanggal tersebut juga bertepatan dengan hari lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang dinilai sebagai awal dari pergerakan Bangsa Indonesia yang bersifat nasional dan modern. Selain itu, Harkitnas juga terjadi karena peran penting beberapa tokoh. Lantas, siapa sajakah tokoh yang berperan penting dalam lahirnya Harkitnas? Yuk, simak informasi berikut!

1. dr. Soetomo

Soetomo merupakan salah satu pendiri Organisasi Boedi Oetomo yang menempuh pendidikan kedokteran di School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Batavia atau Sekolah Dokter Jawa. Tergabungnya beliau dalam organisasi ini dilatarbelakangi oleh rasa nasionalisme perjuangan yang tinggi. Selain aktif menjalani profesinya sebagai dokter pemerintah, beliau juga pernah menjadi pemimpin organisasi Boedi Oetomo di wilayah Jawa.

2. dr. Wahidin Soedirohoesodo

Wahidin merupakan pelopor berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Beliau merupakan pribumi pertama yang diterima masuk ke sekolah dasar anak-anak Eropa atau Europeesche Lagere School (ELS) dan Sekolah Dokter Jawa di Jakarta. Dua hal yang ingin dicapai Wahidin melalui organisasi Boedi Oetomo, yaitu memperluas pendidikan dan pengajaran, serta memupuk kesadaran kebangsaan.

3. dr. Tjipto Mangoenkoesoemo

Tjipto Mangoenkoesoemo merupakan sosok yang lebih dikenal sebagai salah satu anggota dari “Tiga Serangkai”. Beliau pernah menempuh pendidikan di STOVIA atau Sekolah Kedokteran di Batavia. Selain itu, beliau merupakan satu dari tiga pendiri organisasi politik yaitu Indische Partij. Organisasi tersebut merupakan pencetus pertama dalam menyebarluaskan ide pemerintahan sendiri, serta kritis terhadap pemerintahan Hindia Belanda.

4. RM. Soewardi Soerjaningrat

Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara merupakan Bapak Pendidikan Nasional. Selain aktif di dunia pendidikan, beliau juga berprofesi sebagai jurnalis dan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda.  Bersama Tjipto Mangoenkoesoemo dan Douwes Dekker, ia mendirikan Indische Partij untuk menentang pemerintahan Hindia Belanda.

5. Dr. Douwes Dekker

Ernest Douwes Dekker atau Danudirja Setiabudi merupakan tokoh penting lainnya yang berperan dalan pergerakan nasional. Beliau juga merupakan salah satu pelopor berdirinya Indische Partij. Douwes dekker dikenal sebagai salah seorang peletak atau pionir dasar nasionalisme Indonesia. Selain itu, beliau juga seorang aktivis dan penulis yang kritis terhadap pemerintahan Hindia Belanda.

Nah, itulah tokoh dibalik lahirnya Harkitnas. Jadi, pada dasarnya lahirnya Harkitnas tidak terlepas dari peran-peran tokoh di atas. Melalui organisasi yang mereka bentuk, perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah yang semula bersifat kedaerahan beralih sifat menjadi nasional dan modern. Selain itu, diperingatinya Harkitnas ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat generasi penerus untuk melakukan pergerakan dalam membawa Indonesia menjadi lebih baik. Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Sahabat Dims!

(Maura, Ela Melianti)

Sumber :

cnnndonesia.com

kompas.com

detik.com

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.