Guru Aini: Keteguhan Hati Menaklukkan Matematika

Judul: Guru Aini-Prekuel Novel Orang-Orang Biasa

Penulis: Andrea Hirata

Penerbit: PT Bentang Pustaka

Tahun terbit: Cetakan pertama, Februari 2020

Jumlah halaman: 336 hlm

“Guru terbaik adalah guru yang tak kenal lelah mencari cara agar muridnya mengerti.”

Buku berjudul “Guru Aini-Prekuel Novel Orang-Orang Biasa” merupakan salah satu karya dari penulis ternama Andrea Hirata. Dengan mengangkat tema pendidikan, Andrea Hirata menerangkan dari sudut pandang Matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran tersulit. Cerita dalam buku ini dibuka dengan perjuangan seorang perempuan cerdas dan genius dalam bidang Matematika bernama Desi Istiqomah, yang berpendirian teguh dalam meraih cita-cita untuk mengajar Matematika. Padahal, ia lebih dari mumpuni untuk mengejar karir yang mapan.

Desi ingin menjadi guru Matematika sejak berjumpa dengan Bu Marlis, guru Matematikanya saat kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Ia ingin menghancurkan stigma yang menganggap Matematika sebagai penghalang pendidikan, karena murid-murid cenderung kalah sebelum bertanding dengan mata pelajaran tersebut. Setelah belajar tiga tahun untuk menjadi guru Matematika, Desi berkesempatan mengajar di sebuah kota pelabuhan yang maju di Pulau Sumatera. Akan tetapi, ia malah bertukar dengan Salamah, kawan dekatnya yang mengajar di daerah pelosok. Berbekal semangat untuk mengabdi dengan ditemani sepatu olahraga putih bergaris merah pemberian sang ayah, Desi akhirnya sampai di tempat ia mengajar.

Disisi lain terdapat sosok Aini, Nuraini binti Syafrudin, salah satu anak didik Desi yang tidak menyukai Matematika sejak kelas 3 SD. Namun, terjadi suatu kondisi yang akhirnya membuat Aini bertekad untuk belajar Matematika dengan Guru Desi. Dengan banyaknya rintangan, ia pun berhasil mempelajari Matematika. Akan tetapi, rintangan yang ia hadapi tak berhenti sampai di situ saja. Kisah Aini kemudian berlanjut dalam buku “Orang-Orang Biasa”.

Cerita dalam buku ini dikemas dengan ringan tetapi penuh makna yang dalam. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari kisah perjuangan Aini menaklukan Matematika dengan bimbingan Guru Desi. Meski beberapa penggalan memuat pelajaran Matematika dengan istilah-istilah ilmiah, tetapi terselip beberapa humor yang membuat pembaca tidak terlalu tegang. Pandangan akan Matematika juga perlahan berubah karena sejatinya ilmu tersebut dekat sekali dengan kehidupan. Kendati akhir cerita Aini tak bahagia, tetapi hal tersebut sesuai dengan kondisi di dunia nyata.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin belajar. Dengan semangat dan tekad yang kuat kita dapat melihat bahwa di setiap kesulitan akan ada kemudahan. Ada kunci dibalik setiap pemahaman dan masing-masing orang mempunyai caranya sendiri, bahkan di mata pelajaran yang sulit sekalipun. Dibutuhkan waktu dan pengorbanan untuk mencapai hasil yang baik. Untuk itu, teruslah belajar agar merdeka dari kebodohan. 

(Ela Elfita)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.