UKM PCC serta Menwa Turut Terlibat Mempersiapkan Pemira

Polines, DIMENSI (04/04)- Tidak hanya Komisi Pemilihan Raya dan Panitia Pelaksana Pemira (P3), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Polytechnic Computer Club (PCC) serta Resimen Mahasiswa (Menwa) juga turut serta membantu pelaksanaan Pemilihan Raya (Pemira) yang akan dilaksanakan pada Selasa (5/4).

Keterlibatan UKM PCC dalam jalannya Pemira yaitu sebagai penyedia aplikasi sistem program berbasis website dalam pemungutan suara, yakni sistem Klik. PCC menyiapkan keperluan sistem pemungutan suara seperti database, jaringan internet, desain website, dan sistem keamanan. “Selain itu, UKM PCC membentuk Team Technical Support yang khusus bertugas membantu di TPS maupun ruang server saat Pemira 2016,” jelas Zainuddin, administrator sekaligus penanggungjawab PCC.  Zainuddin menjelaskan bahwa teknis pemilihan suara terlebih dahulu dilakukan dengan login dengan nama mahasiswa beserta kata sandi yang terjaga kerahasiaan dan keakuratannya.

Nantinya akan ada lima laptop di setiap jurusan yang dapat digunakan untuk melakukan pemilihan. Laptop-laptop yang akan digunakan telah melalui proses seleksi yang berakhir pada Sabtu (02/04) yang siap menjalankan sistem aplikasi Klik dan saat itu juga dilakukan penyegelan laptop hingga pelaksanaan Pemira 2016. Saat hari pelaksanaan Pemira, pusat server yang berada di kantor Komisi Pemilihan Raya (KPR) Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Baru akan divitalkan dan dijaga ketat serta hanya pihak tertentu yang dapat masuk ruangan tersebut yaitu Ketua KPR, BPPR, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), P3, tiga orang Technical Support dari UKM PCC, Resimen Mahasiswa (Menwa) serta perwakilan saksi dari Capresma, Cawapresma, dan Calon BPM dengan sistem bergantian.

Prian, Komandan Kelompok, dan Adi, Wakil Kepala Provos Menwa menyatakan bahwa pihak Menwa ikut berpartisipasi dengan mengawal, mengawasi dan menjaga agar kondusif dalam proses Pemira 2016 sebagai perwujudan pesta demokrasi mahasiswa yang berlangsung sejak masa kampanye, pemungutan hingga perhitungan suara.

 

Ditulis dan diliput oleh: Mawar

Telah diterbitkan pada Buletin Cetak Edisi Pra Pemira 2016

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.