Seperti Tahun Sebelumnya, TPS Keliling Kembali Disediakan

Polines, DIMENSI (4/04) – Sama seperti Pemira tahun kemarin, selain Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetap, Panitia Penyelenggara Pemira (P3) juga menyediakan TPS keliling bagi para pemilih. “Pihak panitia telah mengantisipasi membludaknya para pemilih suara dengan menentukan jadwal setiap kelasnya dan bagi kelas yang tidak dapat melakukan pemilihan suara di waktu yang sudah terjadwalkan dapat melakukan pemilihan suara melalui TPS keliling yang akan menghampiri mahasiswa di kelas,” jelas Nadia, ketua P3.

Di setiap jurusan terdapat lima bilik suara, dua diantaranya adalah dua bilik suara yang digunakan sebagai TPS keliling. Di setiap bilik terdapat satu laptop sehingga setiap TPS terdapat lima laptop beserta cadangannya. TPS di setiap jurusan dipusatkan pada satu tempat yaitu jurusan Teknik Mesin di Hall Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) lama sebelah Bank Jateng, jurusan Teknik Elektro di Gedung Sekolah B lantai satu, jurusan Teknik Sipil di Gazebo Sipil, jurusan Akuntansi di Gazebo Akuntansi, dan jurusan Administrasi Bisnis di Kantin Tata Niaga.

TPS dibuka sejak pukul 07.00 WIB sampai 21.30 WIB, dengan harapan seluruh mahasiswa tidak terkendala waktu untuk melakukan pemilihan suara. Menurut Petunjuk Teknis (Juknis) Pemira 2016 tertera bahwa orang yang tidak datang ke TPS tidak dapat melakukan pemilihan suara.

Nadia menambahkan bahwa tidak seperti tahun sebelumnya yang dapat login secara online dimana saja, tahun ini pemilih harus datang langsung ke TPS dalam rangka asas demokrasi Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil). Hal tersebut dalam rangka antisipasi terjadinya pelanggaran asas Luber Jurdil yang mungkin terjadi. “Dari pihak panitia tidak ada pemaksaan untuk melakukan pemilihan suara, karena panitia mengutamakan hak suara yang demokratis dan fleksibel sesuai waktu yang telah ditentukan. Saya berharap saat Pemira nanti sukses, lancar, menghasilkan hasil yang tepat dan terbaik,” tambah Nadia.

 

Diliput dan ditulis oleh: Mawar

Telah diterbitkan pada Buletin Cetak Edisi Pra Pemira 2016

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.