Polines EXPO 2022: Melaju Sukses Bersama Polines

Penampilan salah satu peserta Lomba Pidato Bahasa Inggris

Dok. Tania

Polines, Dimensi (20/07) – Dalam rangka Dies Natalis ke-40, Politeknik Negeri Semarang (Polines) mengadakan kegiatan Polines Exposition Large-Scale Public Exhibition (EXPO) 2022 pada Selasa – Rabu (19-20/07). Bertempat di depan Gedung Direkrorat Polines, acara tersebut berlangsung pukul 09.00 – 16.00 WIB. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya berupa pemeran, tahun ini agenda ditambah dengan lomba pidato Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Tengah, gelar wicara, serta stan kewirausahaan. Mengangkat motto ‘Melaju Sukses Bersama Polines’, acara ini bertujuan untuk menunjukkan kesuksesan melalui pendidikan vokasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sarono Widodo selaku Person In Charge (PIC) Polines EXPO 2022, bahwa dalam pelaksanaan lomba maupun pameran, peserta diharapkan dapat memahami kelebihan dari pendidikan vokasi. “Peserta lomba dan talkshow diharapkan bisa memahami kelebihan dari Polines sebagai pendidikan vokasi,” ungkapnya. Selain diikuti oleh 65 peserta lomba dari 44 SMA/SMK se-Jawa Tengah, acara tersebut turut mengundang 3 orang alumni Polines pada acara gelar wicara, serta perwakilan mahasiswa Polines dalam pameran teknologi. “Selain peserta, kami juga menghadirkan alumni dan mahasiswa Polines,” jelasnya.

Terkait dengan pameran teknologi, Finda Khoirunnisa beserta kawannya sebagai perwakilan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, turut memamerkan hasil karyanya berupa Jembatan Model Melengkung yang pernah menjuarai Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) pada tahun 2015. Menurutnya, acara tersebut sangat bermanfaat untuk memperkenalkan Polines kepada calon mahasiswa baru (maba) yang sedang mengikuti perlombaan. “Acaranya bermanfaat, karena menampilkan berbagai produk dan kelebihan dari masing-masing jurusan kepada maba,” ujarnya.

Di sisi lain, Aulia Salsabila, salah satu mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis yang berada di stan kewirausahaan, beranggapan bahwa acara ini juga mendukung keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari mahasiswa Polines. Namun, ia menyayangkan karena acara tersebut dilakukan saat mahasiswa Polines sedang melaksanakan Ujian Akhir Semeseter (UAS). “Sedikit mengganggu ujian, jadi kami bergantian untuk menjaga stan,” terangnya.

Menanggapi pelaksanaan yang diadakan di tengah UAS, Sarono menambahkan bahwa pihaknya telah mempertimbangkan beberapa hal dan meminta surat dispensasi ujian susulan kepada institusi bagi panitia maupun peserta pameran. “Acara ini bertujuan untuk memajukan polines, maka kami tidak ingin mengorbankan mahasiswa. Jadi, tetap ada ujian susulan,” jelasnya.

Di akhir, Sinta Khoirunnisa’ salah satu mahasiswa umum yang turut meramaikan acara, menanggapi bahwa acara tersebut perlu untuk diadakan kembali dengan pemilihan waktu yang tepat. “Diperlukan pemilihan tanggal yang tepat agar seluruh mahasiswa Polines dapat menghadiri acara tersebut,” pungkasnya.

(Tania)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.