Tips Hemat Energi Tuk Hidup Berkelanjutan

Sumber: Freepik.com

Sahabat Dims, dewasa ini penggunaan energi sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari, terutama energi listrik. Apakah Sahabat Dims tahu, ternyata penggunaan energi yang terlalu berlebihan dapat merusak lingkungan? Untuk mencegah hal tersebut, Sahabat Dims dapat melakukan hal-hal sederhana sebagai berikut:

1. Matikan dan gunakan lampu seperlunya

Pernahkah Sahabat Dims lupa mematikan lampu di dalam ruangan? Jika iya, maka secara tidak langsung Sahabat Dims telah melakukan pemborosan listrik dengan membiarkan lampu tetap menyala. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan lampu yang Sahabat Dims gunakan menjadi cepat rusak.

2. Keringkan pakaian dengan sinar matahari

Pengering pakaian yang biasa Sahabat Dims pakai, ternyata menggunakan daya energi listrik yang besar. Untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat Dims dapat mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat pakaian menjadi lebih awet.

3. Gunakan cahaya matahari sebagai pencahayaan alami

Sumber cahaya bukan hanya berasal dari lampu, namun juga dapat berasal dari cahaya matahari. Memanfaatkan cahaya matahari untuk pencahayaan di dalam ruangan dapat mengurangi pemborosan energi. Untuk melakukan hal tersebut, Sahabat Dims hanya perlu membuka jendela atau membuat ventilasi cahaya. 

4. Gunakan air secukupnya

Penggunaan air yang berlebihan juga dapat menyebabkan pemborosan energi. Hal itu dikarenakan mesin pemompa air menggunakan energi listrik untuk mengalirkan air ke keran. Jadi, gunakan air secukupnya ya, Sahabat Dims.

5. Biasakan untuk menggunakan transportasi umum

Menggunakan alat transportasi umum ternyata juga dapat menghemat energi, lho Sahabat Dims. Hal itu dikarenakan kendaraan yang biasa dipakai ternyata menggunakan energi yang tidak dapat didaur ulang. Untuk mencegah kelangkaan bahan bakar, Sahabat Dims dapat menggunakan fasilitas alat transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah atau berjalan kaki ke tempat tujuan.

6. Terapkan kebiasaan hemat energi

Ada banyak hal yang dapat Sahabat Dims lakukan untuk menghemat energi. Akan tetapi, jika Sahabat Dims tidak mempunyai komitmen tentunya hal tersebut akan sia-sia. Untuk itu, Sahabat Dims dapat melakukan hemat energi melalui langkah-langkah kecil secara konsisten.

Itulah beberapa cara untuk menghemat energi yang bisa Sahabat Dims lakukan. Ingat ya Sahabat Dims, gunakan energi secukupnya untuk menjaga ketersediaan sumber energi di masa depan.

(Klara)

Sumber:

detik.com

katadata.co.id

daihatsu.co.id

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.