Bahaya Pola Tidur yang Tak Teratur bagi Tubuh

Sumber: Freepik.com

Sahabat Dims tentunya pernah mengalami sulit berkonsentrasi, bukan? Kemungkinan hal itu disebabkan karena pola tidur yang kurang baik. Kebiasaan buruk seperti scroll Instagram, maraton menonton drama, dan mengerjakan tugas hingga larut malam, menjadi faktor tidak teraturnya pola tidur. Lantas, apa saja dampak yang ditimbulkan dari ketidakteraturan pola tidur tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Konsentrasi Menurun

Tidur larut malam secara terus-menerus dapat mengakibatkan ganguan pada jaringan otak, sehingga kinerja otak tidak optimal. Adanya hal tesebut tentunya akan menghambat pekerjaan yang dilakukan karena menurunnya konsentrasi dan daya ingat. Untuk itu, diperlukan pola tidur yang baik agar Sahabat Dims dapat optimal saat berkegiatan.

2. Melemahnya Daya Tahan Tubuh

Rasa lelah yang ditimbulkan dari pola tidur yang tidak teratur akan mempengaruhi kualitas tubuh. Hal itu dikarenakan aliran oksigen ke otak terganggu sehingga menurunkan peforma tubuh. Di samping itu, pola tidur yang berantakan juga menyebabkan rusaknya metabolisme tubuh, maka tak jarang jika Sahabat Dims mudah terserang penyakit.

3. Emosi dan Mental Tidak Stabil

Tak dapat dipungkiri bahwa kurang tidur dapat menganggu emosi dan mental, bahkan hingga dalam tahap depresi. Irama sirkadian atau jam alami tubuh menjadi tidak teratur dan sulit mengenali kapan waktu untuk istirahat maupun bekerja. Tak hanya itu, tubuh pun menjadi lebih sensitif terhadap hal-hal sekitar dan rentan merasa tersinggung. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terganggunya komunikasi sosial karena sulitnya mengendalikan emosi.

4. Mempercepat Penuaan Dini

Sahabat Dims, pola tidur yang tidak teratur ternyata dapat memunculkan tanda penuaan, lho. Ketika kurang tidur pasti akan terlihat pucat dan kantong mata menghitam. Keadaan tersebut dapat memicu terbentuknya garis halus serta keriputan. Kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, perbaiki pola tidur ya, Sahabat Dims.

Dari ulasan di atas, Sahabat Dims telah mengetahui dampak dari pola tidur yang tidak teratur, bukan? Membenahi pola dan kualitas tidur sejak dini dapat meminimalisir resiko yang ada, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sahabat Dims dapat menjalani hari dengan produktif tanpa melupakan nikmat sehat dari Yang Maha Kuasa. Ingat ya, Sahabat Dims, jangan begadang dan jaga kesehatan!

(Arifiani)

Sumber:

health.kompas.com

cnnindonesia.com

halodoc.com

hellosehat.com

merdeka.com

alodokter.com

kompasiana.com

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.