Pentingnya Branding dalam Sebuah Bisnis

Dalam setiap bisnis terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan, salah satunya adalah branding. Branding sendiri sering disamaartikan dengan marketing, padahal keduanya sangat berbeda. Marketing merupakan upaya pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan. Sedangkan branding adalah kegiatan komunikasi untuk memperkuat dan mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya. Tahukah Sahabat Dims, branding memiliki beberapa unsur yang dapat diamati. Lalu apa saja unsur tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Logo

Logo adalah hal pertama yang dicari oleh pelanggan ketika mereka melihat suatu brand. Logo merupakan refleksi dari suatu bisnis, artinya simbol diharapkan dapat menetap di benak pelanggan ketika mereka memikirkan brand tersebut. Jadi, pastikan membuat logo perusahaan yang unik dan eye-catching.

2. Nama Brand

Jika logo adalah hal pertama yang dilihat dalam brand, maka nama brand harus menggambarkan bisnis karena menjadi sesuatu yang pertama kali didengar. Perlu memberi nama brand yang unik dan bagus, tetapi pastikan bahwa nama brand tidak terlalu kompleks agar mudah diingat oleh pelanggan.

3. Visi dan Misi

Visi dan Misi adalah fondasi dari brand. Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai lewat brand. Sedangkan misi adalah solusi yang ingin diberikan untuk memecahkan masalah yang ada.

4. Tagline

Tagline merupakan susunan kata yang dipersingkat agar mudah diingat, hal ini bertujuan untuk meningkatkan branding slogan dari sebuah bisnis. Dari tagline, konsumen dapat mengerti apa saja yang dapat ditawarkan oleh suatu brand.

5. Media Kit

Media kit merupakan alat promosi seperti poster, website, brosur, dan segala hal yang dapat membantu promosi bisnis. Memiliki media kit yang menarik tidak hanya membantu penjualan, tetapi juga dapat merefleksikan sebuah brand identity.

Proses branding memang bukanlah hal yang mudah karena memerlukan banyak analisis untuk menghasilkan branding yang baik. Namun, hal tersebut sangatlah worth it, mengingat manfaat yang akan dirasakan dalam bisnis akan sangat positif. Yuk Sahabat Dims, mulai bangun dan kembangkan bisnis!

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Yuk, tonton WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.