Rekomendasi Menu Tuk Rayakan Iduladha

Sumber: www.pinterest.com

Sahabat Dims, tak terasa esok adalah hari yang dinantikan umat Islam di Indonesia, yaitu hari raya Iduladha 1443 Hijriah. Momen tersebut merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan menyantap masakan hasil daging kurban yang didapatkan. Lantas, apa saja olahan daging kurban yang dapat disantap saat Iduladha? Yuk, simak beberapa rekomendasi berikut ini!

1. Sate

Nah, biasanya menu ini merupakan menu wajib saat Iduladha tiba. Menu yang satu ini sangat mudah dibuat dan memiliki cita rasa yang menggugah selera. Adapun cara membuat sate, yaitu tumbuk halus bumbu yang sudah disiapkan. Kemudian, daging yang sudah dipotong dibaluri dengan bumbu tersebut. Ungkep daging dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, tusuk daging dengan tusukan sate dan bakar hingga matang. Sate pun siap disajikan.

2. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatra Barat dan sudah diakui oleh dunia. Cara membuatnya pun cukup mudah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menumis rempah rendang yang sudah disiapkan. Kemudian, masukkan daging sapi yang telah dipotong dadu dan aduk hingga merata. Lalu, tuang santan dan masak rendang dengan api kecil sembari diaduk hingga rendang mengering. Setelah itu, rendang pun siap untuk disajikan.

3. Gulai

Gulai merupakan masakan berkuah dari olahan daging dengan rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa yang gurih. Hal pertama yang perlu Sahabat Dims lakukan adalah merebus daging hingga empuk. Lalu, tumis bumbu halus yang sudah disiapkan sampai tercium harum. Kemudian, tuang air sisa rebusan daging ke dalam tumisan bumbu tersebut. Masukkan daging bersama dengan santan, aduk, serta masak hingga bumbu mengental dan meresap. Lalu, gulai siap untuk disajikan.

4. Tongseng

Makanan yang satu ini juga tak kalah populer dengan masakan lain saat Iduladha. Pertama, rebus daging hingga empuk, lalu tiriskan dan potong tipis-tipis. Kemudian, tumis bumbu yang sudah disiapkan hingga tercium harum, jangan lupa tambahkan bahan pelengkap lainnya seperti serai, lengkuas, dan jahe. Tambahkan air secukupnya, masukkan daging dan aduk hingga merata. Masak semua bahan hingga air mendidih, tambahkan kecap manis, cabai, kubis, serta daun seledri. Tambahkan santan, aduk kembali hingga mendidih dan tongseng pun siap disajikan.

5. Rawon

Rawon merupakan makanan khas dari Jawa Timur dan juga salah satu masakan yang sering menjadi pilihan saat Iduladha. Cara membuatnya, yaitu rebus dan masak daging hingga empuk. Setelah itu, potong daging sesuai yang diinginkan. Lalu, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu kasar, dan tumis semua bumbu hingga harum. Kemudian, rebus daging dan campurkan dengan bumbu rawon yang sudah ditumis. Aduk hingga kuah mengental, serta bumbu meresap ke dalam daging. Rawon pun siap untuk disantap.

Demikian beberapa rekomendasi menu yang dapat Sahabat Dims buat di hari raya Iduladha. Semoga momen tersebut tak hanya sebagai peringatan penyembelihan hewan kurban saja, namun juga sebagai waktu untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Selamat hari raya Iduladha 1443 Hijriah, Sahabat Dims!

(Ikhsan)

Sumber: www.suara.com

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.