Partisipasi Mahasiswa Dalam Pemira Turun Menjadi 61%

Polines, Dimensi (5/4) – Total suara yang masuk pada Pemilihan Raya (Pemira) 2017 mencapai 61% dari jumlah suara tetap sebanyak 4.523 suara. Hal tersebut menunjukkan bahwa sekitar 2.776 mahasiswa Polines menyalurkan suaranya, sedangkan sebanyak 1.767 mahasiswa tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pemira. “Kemarin kalau menurut sumber dari mbak Dhita selaku ketua KPR tahun itu turun, untuk tahun kemarin itu 63% sekarang hanya 61%,” ujar Dwi Arifin selaku Ketua BPM 2017. Pengumuman hasil suara sementara tersebut dilakukan oleh panitia di Ruang Serba Guna (RSG) Politeknik Negeri Semarang (Polines) pukul 22.48.

Anjas Ismail Damara selaku Ketua Komisi Pemilihan Raya (KPR) mengatakan bahwa Pemira tahun ini mengalami peningkatan Paslon Presma Wapresma yang dari tahun lalu hanya satu Paslon menjadi 3 Paslon. Sebaliknya, untuk partisipasi mahasiswa dalam hal penyaluran suara masuk mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam berita acara, KPR mengumumkan perolehan suara dari semua Paslon Presma Wapresma dan calon BPM 2017. Untuk perhitungan suara sementara Capres dan Cawapres, total suara sah mencapai 2714 suara dan tidak sah sebanyak 62 suara. Suara terbanyak diperoleh Paslon nomor urut satu yaitu M. Buyung Aji Saputro dan Aminullah Ibrahim dengan perolehan 1088 suara. Sedangkan Paslon nomor urut dua Totok Indrianto dan Ado Sesar Briliawan memperoleh 1053 suara, dan Paslon nomor urut tiga, Ahmad Mamba’udin dan Mohamad Imadudin memperoleh 573 suara.

Selanjutnya, perolehan suara sementara anggota BPM antara lain sebagai berikut: anggota BPM dari Jurusan Sipil Aninditya Widya Prativi memperoleh 90 suara, Cynthia Mahardika memperoleh 245 suara dan Arifah Kusuma Wardani memperoleh 98 suara. Pada Jurusan Teknik Mesin, Esya Ayu Dian S. memperoleh 147 suara, Aditya Wahyu Laksono memperoleh 215 suara dan Martha Delana memperoleh 87 suara. Pada Jurusan Teknik Elektro, Ardiyanto Hadi memperoleh 169 suara, Yoga Wahyu Prasetyo memperoleh 280 suara dan Intan Damayanti memperoleh 217 suara. Pada Jurusan Akuntansi, Rahmat Bagus Maulana memperoleh 222 suara, Endah Ochtaviani memperoleh 390 suara dan M. Fakri Aziz memperoleh 114 suara. Kemudian untuk Jurusan Administrasi Bisnis, Geri Septario Wicaksana memperoleh 80 suara, Bunga Pertiwi memperoleh suara 133 suara dan Dian Nia Anggraeni memperoleh 158 suara.

Perolehan suara sementara anggota BPM jalur Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang satu, Fatma Agustina memperoleh 1277 suara, Olivia Putri Kusumawardhani memperoleh 370 suara dan Fitri Handayani memperoleh 852 suara. Perolehan suara sementara anggota BPM jalur UKM bidang dua, Zulaikha Putri Pertiwi memperoleh 642 suara, Tita Nur Rochmah memperoleh 880 suara dan Maylanda Rochimawati memperoleh 901 suara. Perolehan suara sementara anggota BPM jalur UKM bidang tiga, Eko Mulyono memperoleh 1213 suara dan Jefri Farmansyah memperoleh 1195 suara.

Kemudian untuk perhitungan suara sementara anggota BPM jalur independen, Mohammad Fahrul Al-Falazi memperoleh 454 suara, Ade Favian memperoleh 563 suara, Muhammad Subhan Nurul Umam memperoleh 712 suara, Rama Aury Anfasya Mirza memperoleh 406 suara, dan Moch. Zainuddin Qomari memperoleh 537 suara.

Menanggapi hal tersebut, M. Buyung Aji Saputro Capresma yang mendapatkan suara terbanyak pada hasil pemira sementara ini, mengaku bahwa dia akan merealisasikan visi misi yang disampaikanya  saat kampanye. “Dengan berupaya sekuat tenaga secara lahir maupun batin, yang jelas berupaya sekuat tenaga untuk menjadikan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Polines menjadi lebih baik dari tahun kemaren dan tahun-tahun sebelumnya.” [Nafisah]

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.