Mobil Listrik Polines Borong Tiga Juara Sekaligus

Polines, DIMENSI (25/11)- Tim mobil listrik Politeknik Negeri Semarang (Polines) meraih tiga kemenangan sekaligus pada Kontes Mobil Listrik (KML) VII yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Bandung (Poliban) pada 13 hingga 15 November. Meski belum meraih juara pertama, mobil listrik Polines yang digarap oleh tim Green Peanut berhasil memenangkan juara dua dan juara tiga dari lima kategori yang dilombakan.

Sebanyak 22 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia berlomba memperebutkan juara di lima kategori.

“Alhamdulillah tahun ini mendapat tiga kategori,” terang Muhammad Nur Syahid, ketua tim mobil listrik Polines, yang ditemui seusai pulang dari kota Bandung. Polines berhasil membawa pulang gelar juara dua untuk kategori pengereman (perlambatan), juara dua untuk kategori kecepatan, dan juara tiga untuk kategori percepatan (akselerasi).

Setelah mengalami uji akselerasi dan uji tanjak, pada hari terakhir (15/11) mobil listrik garapan Green Peanut yang dikendarai oleh Alif Wardani, bertanding melintasi arena sepanjang 10 kilometer dengan 10 lap. Indriyanto, salah seorang anggota tim support yang ikut bertandang ke Poliban mengaku perlombaan ketika di sirkuit berlangsung sangat ketat. “Tegang itu pasti ada melihat lawan dari tim lain yang memiliki spesifikasi mobil dengan daya dan kecepatan yang hampir sama. Tidak semua tim sampai ke garis finish karena persaingan di sirkuit yang sangat ketat,”.

“Kerap kali terjadi insiden seperti saling senggol antar mobil, aki ngedrop dan lain – lain yang membuat jantung dag dig dug,” lanjutnya menerangkan.

Running test atau adu kecepatan yang berlangsung selama 12 menit akhirnya menobatkan mobil listrik Kaliurang Unisi dari Universitas Islam Indonesia di posisi pertama. Green Peanut menduduki urutan ke dua dengan perolehan waktu 13 menit, terpaut 48 milidetik dengan Speeder Inelca dari STTNAS YOGYA yang menduduki peringkat tiga.

“Kami sangat mengapresiasi prestasi yang meningkat dari tahun sebelumnya yang mendapat juara tiga kategori kecepatan, walaupun masih mempertimbangkan efisiensinya agar bisa mendapat juara umum untuk perlombaan yang akan datang,” ungkap Poniman selaku Wakil Direktur III.

Polines Mobil Listrik (PML 4) merupakan mobil listrik karya tim Green Peanut yang berisikan 14 mahasiswa Polines. Berasal dari jurusan Teknik Mesin, tim tersebut digawangi oleh Alif Wardani sebagai driver, Muhammad Nur Syahid sebagai leader, Ayik Haryanto sebagai mechanic, dan Deni Afriyanto pada electrical, dan sisanya sebagai tim support. PML 4 dirancang dengan daya motor sebesar 2000 watt dan daya kontroler sebesar 4000 watt yang dikerjakan selama 4 bulan.

Terkait harapan selanjutnya, Alif Wardani berpesan, “Ke depannya saya berharap institusi memberi fasilitas pada sektor workshop, karena saat kegiatan bengkel kita terhambat pada alat dan tempat.” [Nissa]

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.