Tampilkan Personal Branding dengan CV yang Menarik

Sumber: Freepik.com

Apakah saat ini Sahabat Dims akan segera lulus kuliah dan mencari pekerjaan?

Dalam mencari dan melamar pekerjaan, salah satu hal yang harus Sahabat Dims persiapkan adalah Curriculum Vitae (CV). CV berasal dari bahasa Latin yang berarti “jalan hidup”, umumnya memuat beberapa hal seperti ringkasan mengenai diri sendiri, kualifikasi atau kemampuan, dan pendidikan yang telah ditempuh. Lebih lanjut, sebuah penelitian menunjukkan bahwa perekrut hanya membaca CV pelamar sekitar 7 detik untuk memutuskan layak atau tidaknya pelamar tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kualitas CV menjadi cerminan dari personal branding yang Sahabat Dims miliki. Lalu, bagaimana cara untuk membuat CV yang menarik dan berkualitas? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Permulaan yang Kuat dan Sesuai dengan Pekerjaan

Mulailah membuat ringkasan mengenai diri Sahabat Dims, seperti kemampuan dan keberhasilan yang telah dicapai. Hal ini akan menarik para perekrut sehingga peluang dibacanya CV Sahabat Dims akan lebih besar. Namun, Sahabat Dims tidak dianjurkan membuat satu CV untuk semua pekerjaan yang akan dilamar. Alasannya, setiap perkerjaan pasti memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Maka sesuaikanlah pengalaman di CV dengan kualifikasi pekerjaan yang Sahabat Dims lamar.

2. Perlihatkan Pengembangan Diri

Tunjukkan bahwa Sahabat Dims adalah orang yang suka belajar dan berkembang. Sahabat Dims bisa menunjukkannya dengan cara menjelaskan hasil pengalaman kerja dengan jelas dan measurable.

3. Tunjukkan koneksi

Koneksi dan relasi yang Sahabat Dims miliki dapat dicantumkan dalam bentuk kegiatan, organisasi, hingga perusahaan yang pernah diikuti. Jangan lupa untuk menjelaskan peran dan capaian yang berhasil diraih. Hal ini akan menunjukkan bahwa Sahabat Dims adalah orang yang suka berkomunikasi, bisa bekerja dalam tim, dan adaptif.

5. Gunakan Kata Kunci yang Kuat

Dalam menggambarkan deskripsi pekerjaan yang akan dilamar, Sahabat Dims dianjurkan untuk menggunakan kata kunci yang kuat dan tepat. Pastikan bahwa kata kunci sudah sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang akan dilamar. Hal ini akan memudahkan perekrut untuk mencari kandidat yang tepat.

Itulah beberapa cara membuat CV berkualitas yang bisa Sahabat Dims lakukan. Hal ini dikarenakan saat melamar pekerjaan, CV menjadi hal utama yang harus Sahabat Dims persiapkan. Meskipun menghabiskan waktu, CV yang menarik akan meningkatkan peluang Sahabat Dims untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Selamat mencoba Sahabat Dims! Semoga sukses!

Ingin membaca lebih lanjut terkait konten menarik lainnya? Check out WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.