Ali dan Ratu-ratu Queens : Menemukan Makna Keluarga

Judul : Ali & Ratu Ratu Queens
Sutradara : Lucky Kuswandi
Produser : Muhammad Zaidy, Meiske Taurisia
Penulis : Gina S. Noer
Pemeran : Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Panggabean, Happy Salma, Aurora Ribero, Marissa Anita, Bayu Skak, Cut Mini Theo, Ibnu Jamil
Produksi : Palari Films
Durasi : 100 Menit
Tanggal rilis : 7 Juni 2021

Film Ali & Ratu Ratu Queens merupakan film berlatarkan New York, Amerika Serikat garapan Lucky Kuswandi. Mengisahkan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Ali (Iqbaal Ramadhan) dalam misi mencari ibunya, Mia (Marissa Anita) ke New York yang telah meninggalkannya sejak kecil. Perjalanannya tersebut tak semulus yang dipikirkan, tetapi  hal ini justru membuatnya menemukan banyak hal.

Dengan berbekal uang seadanya dan bermodalkan alamat lama, Ali memutuskan untuk pergi sendiri ke New York. Setibanya di bekas apartemen ibunya,  ia malah dipertemukan dengan empat wanita dewasa asal Indonesia. Mereka adalah Ratu-ratu Queens yang beranggotakan Party (Nirina Zubir), Biyah (Asri Welas), Ance (Tika Panggabean), dan Chinta (Happy Salma). Di sinilah penonton akan disuguhkan dengan momen unik yang terbentuk oleh hadirnya kasih yang wajar dari empat wanita dewasa dengan seorang remaja yang semangatnya sedang menggebu-gebu. Mereka pun mudah saling mengakrabkan diri layaknya jalinan keluarga. 

Setelah beberapa waktu, Ratu-ratu Queens berhasil menemukan keberadaan Mia. Namun, pertemuan mereka tidak seperti yang dibayangkan. Munculnya konflik bahwa Mia tidak bisa kembali ke Indonesia membuat Ali geram. Ratu-ratu Queens pun juga merasa kesal dengan sifat Mia, kesan ini membuat penonton menilai bahwa Mia tidak bisa menjadi ibu yang baik. Di sisi lain, Ali juga bertemu dengan Eva (Aurora Ribero), anak dari Ance yang membuatnya lebih kenal dengan New York untuk melihat seluk-beluk megapolitan ini.

Dibalik cerita yang menyenangkan antara Ali & Ratu-ratu Queens yang kian hari kian nyaman layaknya keluarga lama, film ini memiliki beberapa kelemahan, seperti adanya banyak cabang cerita yang tidak ditemukan hingga akhir. Selain itu, adanya  cerita yang seakan-akan belum tuntas,  pasalnya tidak ada alasan mengapa Ali menetap di New York. Kendati demikian, film ini memiliki alur cerita yang menarik dan cukup ringan untuk dipahami.

Film ini memberikan pelajaran bahwasanya terdapat banyak jalan untuk menemukan arti keluarga. Keluarga merupakan orang terdekat yang menjadi tempat bersandar dan menerima kita apa adanya. Tak hanya itu saja, kisah ini juga memberi makna bahwa kehidupan tidak selalu harus seperti yang kita rencanakan. Kami memberikan nilai 8/10 dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada. Terlepas dari hal tersebut, film ini sangat direkomendasikan untuk ditambahkan ke daftar film yang akan ditonton untuk dinikmati bersama keluarga.

(Anisa Safina)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai