Jelang Akhir Semester, Peserta Mentoring Masih Sedikit

Polines, DIMENSI (04/12) – Kegiatan keagamaan bagi mahasiswa baru atau Mentoring yang diadakan mulai bulan September di Politeknik Negeri Semarang (Polines) baru diikuti sekitar 150 mahasiswa baru pada awal November. “Pendataan terakhir diawal bulan November tercatat kurang lebih 150 orang dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru dan selebihnya belum mengikuti kegiatan Mentoring agama Islam,” ungkap Rizky Hidayat Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jazirah.

Dini Arum Anissa Arintya mahasiswa baru program studi (prodi) Analis Keuangan, menyatakan bahwa dirinya baru mengetahui hal ini setelah kegiatan pengembangan spiritual mahasiswa (PESIMA) berakhir. Ia juga mengaku pembagian kelompok Mentoring tidak disertai penjelasan apa dan bagaimana kegiatan tersebut.

Menanggapi hal itu, Rizki Hidayat mengatakan, “Sosialisasi mengenai diwajibkannya Mentoring sudah dilakukan sejak PESIMA diadakan, namun sosialisasi yang belum keseluruhan menyebabkan persepsi para mahasiswa baru yang mengambang antara wajib atau tidaknya kegiatan tersebut,”.

Rizky menambahkan bahwa kegiatan Mentoring akan diperpanjang hingga semester dua. Grand Opening Mentoring (GOM) kedua diadakan setiap jurusan pada Januari mendatang sehingga meminimalisir adanya kendala dalam waktu pertemuan. Setiap mahasiswa baru diwajibkan mengikuti lima kali pertemuan kegiatan Mentoring sesuai pembagian kelompok. Bagi mahasiswa yang tidak hadir dalam kegiatan Mentoring kurang dari lima kali pertemuan, maka diwajibkan untuk mengikuti Mentoring Akbar pada bulan Desember sebagai gantinya. Setelah mengikuti kegiatan Mentoring, mahasiswa baru dan pementor akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk menambah poin bagi mahasiswa yang mendaftar beasiswa di Polines.

Poniman, Wakil Direktur III mengatakan bahwa Mentoring sama halnya dengan kegiatan wajib lain bagi mahasiswa baru, seperti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Wawasan Almamater dan Orientasi Akademik (WaRNA), dan PESIMA. “Wajibnya Mentoring bagi mahasiswa tertera pada dasar hukum Surat Keputusan Senat Polines Nomor 0207/PL4.5/SK/2015,” ungkapnya menambahkan.

Mentoring yang diadakan oleh pihak Polines yang bekerjasama dengan UKM Jazirah dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bagian Kementerian Agama merupakan program keagamaan lanjutan dari PESIMA yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang spiritual.

Ditulis oleh Mawar, Kru Magang LPM Dimensi 2015/2016.

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.