Parkir Motor Tumpah ke Jalan, Lalu Lintas Warga Terganggu

Oleh: Gilang, Aziiz, Wilda

Polines, DIMENSI (29/10) – Pelataran Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Baru Polines yang sebelumnya sempat ditutup untuk pelaksanaan Nonton Bareng pada Rabu (28/10) malam, menyebabkan parkir motor PKM Baru Polines tumpah ke Jalan Galang Sewu Raya. Ruas jalan yang semakin sempit akibat digunakan sebagai parkir motor oleh sebagian mahasiswa menyebabkan lalu lintas warga menjadi terganggu. Antrian seringkali terjadi ketika kendaraan beroda empat berlawanan arah bertemu di ruas jalan depan Gedung PKM Baru dan Masjid Darul Hikmah. Acara Nonton Bareng Battle of Surabaya diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polines dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Gangguan tidak hanya terjadi pada lalu lintas. Salah satu pegawai depo air di depan PKM Baru Polines bernama Fathur menjelaskan bahwa pekerjaannya menjadi terganggu dengan kendaraan yang tumpah ke jalan karena menimbulkan kemacetan, “Jelas ganggu ya, kita yang biasanya butuh waktu dua menit sekarang jadi lima menit gara-gara macetnya”.

Tidak hanya pegawai depo air, Zaki, pemilik angkringan di depan PKM Baru juga ikut terkena imbasnya. “Sedikit mengganggu, karena sepeda motor yang parkir di jalan sampai menutupi akses masuk ke warung kami,” ujar Zaki. “Kami jadi kesulitan untuk membersihkan bungkus-bungkus makanan yang ada di jalan, kami juga kesulitan untuk lewat waktu mau mengambil dagangan”, tambahnya. Zaki juga menuturkan bahwa beberapa pelanggan di tempatnya merasa tidak nyaman dan terganggu dengan keadaan yang ada saat berkunjung.

Terkait hal ini, pihak BEM belum melakukan komunikasi kepada warga sekitar. “Lha wong itu (jalan) fasilitas umum kok, bukan untuk lahan parkir mahasiswa. Saya sebagai orang umum merasa dirugikan. Tapi tahu sendiri selama ini acuh tak acuh. Apa lagi dengan model ditutup kayak gitu, bukan solusi menurut saya”, tutur Kojun Ajizi selaku warga setempat.

Wakil Presiden Mahasiswa, Khatam Uji Ahmadi, membenarkan tentang pernyataan warga tersebut. “Iya kami belum nembung kepada warga, tapi mungkin habis ini kami sebagai panitia akan pergi ke warga untuk meminta maaf”.

Khatam juga menambahkan bahwa untuk tempat parkir, BEM sudah berkoordinasi dengan takmir masjid untuk membuka parkiran MDH sebagai tempat parkiran alternatif selama acara Nonton Bareng berlangsung dan untuk pengguna motor yang parkir di depan juga sudah diperingatkan untuk memindahkannya.

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.