Antusias Mahasiswa Baru Rendah, Catering Ormawa Sepi Pemesan

Oleh Gilang Dwiangga Putra dan Nefia Ayu Prasasti

Polines, DIMENSI(1/8)- Menjelang kegiatan Latihan Dsar Kedisiplinan (LDK) dan Wawasan Almamater dan Orientasi Akademik (WARna), beberapa catering milik Organisasi mahasiswa (Ormawa) Politeknik Negeri Semarang (Polines) masih sepi pemesan. Hal ini tampak dari sulitnya beberapa ormawa dalam menjaring mahasiswa baru untuk memesan catering mereka.

“Tahun ini untuk mendapatkan 50 pemesan saja perjuangannya sangat berat, beda dengan tahun lalu”, terang Nico Pracahaya, ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirahusaan Polines. Rata-rata ormawa memperoleh 20 hingga 30 pesanan.

Kondisi ini diakui oleh beberapa ormawa sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, satu bulan mendekati kegiatan catering ormawa sudah dibanjiri pesanan oleh mahasiswa baru. Padahal dari ormawa gencar mempromosikan melalui media sosial dan terjun langsung menemui mahasiswa baru saat daftar ulang beberapa waktu lalu.

Penyebab dari kondisi tersebut menurut beberapa Ormawa karena kurang antusiasnya mahasiswa baru dalam pemesanan catering. Hal ini dipertegas oleh pernyataan Adib, selaku pengurus catering dan dana usah dari UKM Komunitas Seni Polines,”Selain promosi kami yang kurang, antusias mahasiswa baru pun juga kurang. Apalagi waktu itu bulan puasa, mereka lebih berpikir untuk cepat selesai daftar ulang lalu pulang”.

“Mungkin mahasiswa baru kurang tahu tentang fungsi catering”, tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Bahrul Huda, Presiden Mahasiswa periode 2015/2016, menuturkan bahwa banyak atau sedikitnya pemesanan catering untuk LDK dan WaRNa dikembalikan lagi ke mahasiswa baru, tidak ada paksaan dari panitia dan catering bersifat tidak wajib. “Ya tidak masalah jika mahasiswa baru banyak yang bawa bekal sendiri. Hal itu juga meringankan beban dari teman-teman ormawa, dan teman-teman ormawa bisa lebih fokus ke kegiatan lainnya”.

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.