Kumpulkan Dana Tuk Korban Bencana, BEM dan Forum Sosmas Polines Adakan Galang Dana

Galang dana tuk korban bencana oleh BEM dan Forum Sosmas Polines
Dok. Pribadi

Semarang, Dimensi (17/10) – Kementerian Sosial Masyarakat (Sosmas) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Semarang (Polines) bersama Forum Sosmas yang terdiri dari delegasi Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Polines, telah melaksanakan kegiatan galang dana pada Sabtu (16/10) sore kemarin. Penggalangan dana yang bertitik di dua lokasi, yaitu di daerah Tugu Muda dan Kalibanteng, Semarang ini bertujuan untuk mengumpulkan sumbangan bagi korban bencana banjir di Luwu, Sulawesi Selatan dan di  Kalimantan Barat. 

Izzul Fuadi, Menteri Sosmas BEM, mengatakan awal mula muncul ide untuk terjun langsung di jalan berasal dari diskusi antara anggota Kementerian Sosmas dan Forum Sosmas. Mereka beranggapan galang dana secara daring melalui transfer bank yang sebelumnya telah dilaksanakan kurang efektif menjangkau masyarakat luas. “Agar masyarakat lain juga bisa turut serta membantu mereka yang membutuhkan,” jelas Izzul. Lebih lanjut, Izzul menambahkan hasil dari penggalangan dana ini sudah melebihi  target yang ditentukan, meskipun terdapat kendala pada kurangnya kardus tempat menerima sumbangan. “Sudah melebihi target meskipun terdapat kekurangan alat, dan nantinya hasilnya akan diserahkan kepada Human initiative,” ujarnya. 

Menanggapi seruan untuk terjun langsung dalam galang dana, Hasna Muna, salah satu perwakilan dari Forum Komunikasi Politeknik Indonesia (FKMPI), mengaku sangat antusias untuk mengikutinya. Menurutnya, kegiatan galang dana penting dilakukan untuk membantu meringankan beban korban yang terdampak bencana. “Manusia khususnya mahasiswa harus memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi sebagai makhluk sosial,” ucap Hasna. 

Terlepas dari kendala yang terjadi, Cantika Febiasari, selaku perwakilan dari Polines Mengabdi, berharap semua jerih payah dan usaha para organisasi mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan galang dana ini dapat memberikan dampak yang baik bagi korban yang membutuhkan. Selain itu, dapat meningkatkan kepedulian baik bagi kami yang turut serta membantu ke jalan maupun para masyarakat yang membantu menyumbangkan uangnya. “Semoga memberi dampak baik bagi semua yang terlibat dan menjadi contoh bagi mahasiswa lain,” ungkap Cantika. 

Melihat antusiasme dari para organisasi mahasiswa, Izzul mengatakan kegiatan galang dana ini sangat mungkin untuk dilakukan kembali di waktu yang akan datang. Ia berharap dukungan dari mahasiswa lainnya khususnya melalui Forum Sosmas sehingga galang dana dapat terus dilaksanakan. “Kegiatan baik ataupun perbuatan baik harus terus digiatkan,” pungkas Izzul. 

(Tania) 

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai