Hindari Perbedaan, Kodim 0733-BS Lakukan Koordinasi Awal dengan Menwa

Polines, Dimensi (23/8) – Hindari perbedaan pemberian materi dengan Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon “Pati Geni” 950 Polines, Komando Distrik Militer (Kodim) 0733-BS lakukan koordinasi awal sebelum pelaksanaan LDK hari pertama. Dalam memberikan Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK) di Politeknik Negeri Semarang (Polines) Kodim 0733-BS sudah mempersiapkan diri dan berkoordinasi dengan Menwa sejak dua minggu yang lalu, pada (8-9/8).

“Proses kami sehingga bisa memberikan LDK disini adalah adanya surat dari Direktur Polines yang diberikan kepada Panglima Kodam (Pangdam) untuk memberikan LDK yang kemudian diberikan kepada Komandan Kodim (Dandim) yang kemudian memerintahkan saya untuk membentuk satuan petugas (satgas) untuk memberikan LDK ini,” kata Mayor Infantri (Inf) Imam Masroni selaku komandan pelatih dari Kodim.

Dalam memberikan pelatihan LDK, para personil Kodim telah mempersiapkan diri untuk kegiatan tersebut. Dimulai dari pembentukan satuan petugas khusus yang mempunyai kemampuan di bidangnya; menangani masalah orientasi di lembaga pendidikan, penataran pelatih dan persiapan peralatan, serta berkoordinasi dengan Menwa.

Imam berkata, “Dalam persiapan, dimulai dari penataran pelatih, lalu kami berkoordinasi dengan Menwa. Koordinasi itu berupa memberikan pembekalan dan pelatihan kepada Menwa. Memiliki kesepakatan tentang tata cara makan, tata cara baris-berbaris, apel, dan tata cara menanggalkan perkap.  Selain itu pelatihan yang diberikan seperti latihan baris berbaris, latihan fisik dan semangat korsa. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perbedaan pola sikap dan pola pikir, “ ungkap Imam.

Peralatan yang digunakan selama kegiatan berlangsung seperti ikat pinggang tentara (vent belt), handy talky (HT), serta sarana kesehatan dan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) juga telah Kodim persiapkan. “Kami pun juga mempunyai personil Kesdam yang menangani bagian kesehatan mahasiswa.” ujar Imam.

Selain mempersiapkan peralatan, Kodim juga mempersiapkan materi yang akan diberikan. Materi-materi tersebut berupa korupsi, radikalisme dan terorisme. Sedangkan materi LDK mengenai narkoba akan diberikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Untuk persiapan yang dilakukan para pelatih peserta LDK pada hari pertama, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih detail kepada kami (red-Reporter Dimensi). Hal ini disebabkan para pelatih peserta LDK dari Kodim 0733-BS menyatakan ketidak kuasaannya memberikan informasi perihal persiapan pada hari pertama LDK. Hingga artikel ini ditulis tim kami belum berhasil meminta klarifikasi dari para pelatih Kodim 0733-BS.

Menanggapi persiapan yang dilakukan oleh para personil Kodim, hingga artikel ini ditulis pihak dari Menwa belum berkenan untuk dimintai klarifikasi ataupun keterangan apapun. “Saya beserta anggota belum sempat istirahat. Terlebih  lagi setelah ini kami akan melakukan koordinasi kembali dengan Pak Poniman selaku Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan dan para pelatih Kodim 0733 BS,” jelas Nandika Nurdin Pradana selaku Komandan Menwa ketika ditanya mengenai kapan pihak Menwa berkenan untuk diwawancarai, pihaknya menjawab bahwa Menwa berkenan diwawancarai hingga kegiatan LDK berakhir.

 

Diliput dan ditulis oleh:

Yuli dan Anggun

Telah diterbitkan pada buletin cetak edisi LDK hari pertama.

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.