Jumlah Tatib Menyusut, Totalitas Semakin Dibutuhkan

POLINES, Dimensi (31/8) – Wawasan Almamater dan Orientasi Mahasiswa (WaR-NA) merupakan kegiatan orientasi yang wajib diikuti ma-hasiswa baru sebagai tahap awal pengenalan terhadap lingkungan kampus. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari setelah kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ber-langsung. Pelaksanaan WaRNA tidak lepas dari peran tatib (Tata Tertib), yaitu panitia khusus yang mengenakan pita merah di lengan kirinya. Tugas tatib adalah menertibkan serta menegakkan peraturan selama kegiatan WaRNA berlangsung seperti pada saat inspeksi maba, pengumpulan tugas, dan mobilisasi ke tempat-tempat tertentu.

Jumlah tatib dari tahun ke tahun semakin berkurang. Keadaan ini disebabkan karena makin menyusutnya minat para mahasiswa untuk mendaftar menjadi tatib. Beberapa tahapan pelatihan yang harus dilalui oleh seorang calon tatib diantaranya, latihan mental, fisik, serta vokal yang ditangani oleh Resismen Mahasiswa (Menwa) dan dilaksanakan pada bulan puasa.

“Sebenarnya menjadi tatib tidaklah sulit, hanya butuh kemauan dari masing- masing individunya sendiri untuk bisa bekerja profesional,” terang Yohannes Yulianto selaku ketua pelaksana WaRNA. Anggota tatib pada ta-hun ini berjumlah 15 orang, sedangkan di tahun sebelumnya berjumlah 20 orang. Dengan jumlah tatib yang berkurang ini, pihak panitia mengharapkan totalitas dari masing-masing anggota untuk menjalankan fungsi-nya secara penuh tanggung jawab.

Untuk tahun ini tatib meng-ubah tata cara menghukum maba. Bila tahun lalu maba yang melakukan kesalahan langsung mendapat hukuman seperti push-up, tahun ini pihak panitia mewa-jibkan tatib untuk memberikan hukuman disertai penjelasan kesalahan yang diperbuat oleh maba berikut akibatnya. “Kriteria seorang tatib harus tegas tapi tetap toleransi, jadi kalau ada maba yang perlu informasi tetap harus dilayani dengan baik,” ungkap M. Reza Aji Pradana, Presiden Mahasiswa sekaligus alumni tatib dua periode sebelumnya. [dyh, nur]

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.