Gencarnya Pengadaan CCTV

Polines, DIMENSI – (17/12) Sebanyak 87 unit CCTV (Closed Circuit  Television) rencananya akan dipasang di ruang kelas setiap  jurusan. Hal ini merupakan kebijakan dari institusi. CCTV ini akan dimonitoring langsung oleh Direktur dengan tampilan 8 slide yang ditempatkan di ruang Direktur. Bagian kerumahtanggaan yang menangani pengadaan barang menuturkan bahwa mereka hanya bertugas menginventarisir barang dan sampai saat ini belum ada serah terima barang terkait pengadaan CCTV. “Kami tidak berkompetensi mengenai pengadaan CCTV, tugas kami hanya menginventarisir barang saja”, tutur Pak Budi  Riyanto.
Terdengar kabar bahwa dana yang dibutuhkan untuk pengadaan CCTV  ini sebesar Rp 4-5M.  Hal tersebut menimbulkan polemik, antara manfaat CCTV perkelas dengan pengadaan CCTV di public area (mushola, kantin dan parkiran) maupun pengadaan barang yang lebih dibutuhkan bagi kelangsungan proses belajar mengajar. Noor Ardiansyah selaku ketua jurusan Akuntansi menuturkan, “Dari segi kemanfaatan CCTV perkelas kurang efektif, kecuali terjadi huruhara dalam kelas, sehingga lebih disoroti lagi untuk area publik”. 
Adapun jurusan yang telah mengopersikan CCTV yaitu jurusan Akuntansi. Pengope-rasian CCTV ini berlangsung sejak 2 minggu  lalu dan merupakan program dari jurusan, bukan dari pusat. Jumlah CCTV yang dibutuhkan sebanyak 25 unit, itupun tersebar hanya di koridor-koridor saja dan bukan disetiap kelas.  Seperti yang diungkapkan Bapak Ardiansyah,  “Tujuan-nya untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar di kampus agar lebih efektif.”   Manfaat lain ialah untuk mempermudah fungsi kontrol  mahasiswa dan dosen. Namun tetap saja kasus pencurian masih terjadi seperti pencurian laptop di mushola pada minggu lalu. [rth]
Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.