Tim FKMPI Polines Raih Penghargaan Dalam Ajang FKMPI Awards Tingkat Nasional

Dok. Pribadi.

Polines, DIMENSI (28/07) – Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia, Politeknik Negeri Semarang (FKMPI Polines) untuk pertama kalinya berhasil meraih gelar Tim FKMPI Terbaik Tingkat Nasional dalam ajang FKMPI Awards 2020. Acara ini diselenggarakan pada Senin-Sabtu (20-25/07) lalu, melalui aplikasi zoom meeting dengan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda sebagai tuan rumah. FKMPI Awards sendiri merupakan bagian dari serangkaian acara Musyawarah Nasional (Munas) yang diikuti oleh 159 Politeknik se-Indonesia.

Pelaksanaan Munas tahun ini tidak dapat dilakukan secara luring dikarenakan adanya pandemi Corona Viruses Desease 2019 (Covid-19) yang seharusnya dijadwalkan selesai lebih cepat pada (22/07). “Dilaksanakan secara daring selama tiga hari berturut-turut sejak 20-22 Juli, tetapi baru berakhir pada 25 Juli,” ungkap Risma Noor, salah satu delegasi Tim FKMPI Polines.

FKMPI Awards sebagai ajang pemberian penghargaan dari bidang penalaran dan keilmuan untuk seluruh Tim FKMPI Nasional di mana terdapat berbagai macam kategori salah satunya yakni Tim FKMPI Terbaik. Tahapan seleksi tidak dipaparkan secara jelas karena hal ini merupakan seleksi internal dari panitia FKMPI Nasional. “Jadi hanya ada wawancara dari pihak penalaran dan keilmuan nasional, kemudian kami menjelaskan pergerakan FKMPI selama satu periode kepengurusan mulai dari arah gerak, program kerja yang terlaksana, serangkaian seleksi, dan lainnya,” ujar Dhaifan Rabathin selaku ketua FKMPI Polines periode 2019/2020. Selain itu Dhaifan juga menambahkan bahwasannya saat pengumuman dijelaskan, Tim FKMPI Polines memiliki inisiasi pergerakan yang luar biasa meskipun masih dalam kurun waktu tiga tahun berdiri.

Dalam mengikuti ajang FKMPI Awards, Risma mengungkapkan bahwa tak ada persiapan yang istimewa. Tim FKMPI Polines hanya melakukan Program Kerja (Proker) dan serangkaian kegiatan yang menurut mereka memang dibutuhkan oleh semua pihak. Senada dengan hal tersebut, Zakaria salah satu delegasi FKMPI Polines menuturkan bahwa Tim FKMPI Polines hanya melakukan yang terbaik sebagai perpanjangan tangan dari FKMPI Nasional ke distrik. “Kami mengadakan proker yang berkualitas serta mengadakan kajian-kajian publik yang bermanfaat baik untuk internal maupun eksternal Polines,” ungkap Zakaria. Ia pun menambahkan jika tak ada kendala yang dihadapi selama Munas berlangsung karena Tim FKMPI Polines telah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik.

Dhaifan menuturkan bahwa TIM FKMPI Polines masih tak menyangka mendapatkan Awards sebagai Tim FKMPI Terbaik Tingkat Nasional. “Kami merasa penghargaan tersebut sebagai hasil akhir dari jerih payah kami selama satu tahun kepengurusan,” ungkap Dhaifan. Selain itu Risma juga memberi pesan penutup. “Kerjakan sesuatu dengan ikhlas dan penuh kerelaan, karena sejujurnya kemenangan dalam bentuk penghargaan bukanlah suatu tolak ukur keberhasilan. Melainkan seberapa besar manfaat yang diberikan,” pungkas Risma dalam akhir wawancara.

(Bunga Kiscahyaning, Ririn Anjarwati)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai