Simadu Terhambat Jaringan Hotspot

Polines, DIMENSI (23/6) – Simadu (Sistem Informasi Akademik Terpadu) adalah sistem informasi yang ditujukan bagi mahasiswa Polines. Berisi informasi mengenai kurikulum, daftar nilai , daftar hadir dan informa-si mengenai Tugas Akhir (TA) .

Simadu aktif sejak tahun 2004, namun keberadaannya hanya di jurusan Elektro saja. Baru pada tahun 2005 ke-beradaannya diperluas hingga ke masing-masing jurusan di Polines. Awalnya, Simadu merupakan proyek dari dosen-dosen prodi Telkom, kemudian programnya dibuat oleh beliau-beliau tersebut, salah satunya Helmi, ST. selaku dosen prodi Telkom. Kini, Simadu dikelola oleh petugas PBM di setiap jurusan dan tanggung jawabnya diserahkan pada Puskom (Pusat Komunikasi) yang sekarang di-ganti menjadi UPT Komputer.

Sebagian mahasiswa me-ngeluh karena Simadu sulit diakses dari luar area kampus Polines. Bapak Wahid selaku admin Simadu jurusan Elektro menyatakan bahwa Simadu dapat diakses dari luar kampus, asalkan masih terjangkau dengan jaringan hotspot Polines. Selain itu, pengguna juga harus mengetahui nomor IP dari Simadu. Beliau juga mengatakan bahwa akan ada rencana untuk memperluas pengaksesan Simadu. Dinar, seorang mahasiswa jurusan Akuntansi mengaku pernah mengakses Simadu dari luar area Polines dan harus me-masukkan IP address agar dapat melihat informasi yang ia inginkan.

Hingga kini, kendala yang dialami adalah masih ditemukannya mahasiswa yang sering lupa password-nya sendiri. Mahasiswa yang terlambat menginput data saat tutup semester memaksa pihak-pihak yang bersangkutan untuk mengutak-atik lagi program Simadu. “Harapannya itu mahasiswa kalo ngurus apa- apa gitu harus tepat waktu,” ujar Bapak Wahid.

Namun, dari semua kendala yang dihadapi, terdapat kemajuan pula. “Kemajuannya ya jelas, dulu masih personal. Misalnya nanti ketika yudisium masih harus mengumpulkan berkas nilai, absensi, semuanya masih serba kertas,” ujar Bapak Helmi . [andhini, sofi]

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Herwanto berkata:

    banyak broken linknya juga….
    masak kalau lupa password harus menghubungi admin jurusan……>>>
    ga pernah diupdate juga….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.