Persiapkan Diri Tuk Hadapi Resesi Ekonomi Global 2023

Sahabat Dims, apakah sudah mendengar desas-desus predeksi resesi ekonomi global yang akan terjadi pada tahun 2023 mendatang? Resesi ekonomi adalah kondisi perekonomian suatu negara yang mengalami keterpurukan. Sedangkan untuk resesi ekonomi global, yaitu penurunan kondisi ekonomi yang mengakibatkan seluruh negara di dunia merasakan dampaknya. Resesi yang akan terjadi pada tahun depan disebabkan oleh lonjakan inflasi atas konflik Rusia-Ukraina yang disertai dengan aktivitas ekonomi perdagangan internasional yang ikut terdampak. Akibatnya, harga jual produk mengalami kenaikan, suku bunga mengalami kenaikan untuk menjaga inflasi, dan dampak lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan pribadi untuk menghadapi ancaman resesi tersebut? Yuk, simak trivia berikut ini!

1. Mencari Penghasilan Tambahan

Sahabat Dims, menambah pemasukan merupakan salah satu cara yang dapat dipersiapkan untuk menghadapi resesi ekonomi global. Penghasilan tambahan dapat dilakukan melalui berbagai usaha seperti memanfaatkan hobi menjadi ide bisnis, berjualan online, dan berinvestasi.

2. Menghemat Pengeluaran

Penghematan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi ulang pengeluaran. Saat mengidentifikasi pengeluaran, diusahakan mencari celah untuk mengurangi pengeluaran yang kurang penting atau yang bisa ditunda. Sahabat Dims bisa memisahkan pengeluaran berdasarkan skala prioritas.

3. Melakukan Investasi yang Aman

Investasi dapat menjadi pilihan efektif saat inflasi. Pilihan investasi yang aman dalam mengantisipasi resesi ekonomi global antara lain yaitu deposito, emas, dan juga surat berharga yang diterbitkan oleh negara. Jika ingin melakukan investasi pada saham, sebaiknya pilih saham perusahaan yang bergerak pada sektor industri defensif (tetap bertahan meskipun dalam keadaaan krisis). Sektor industri tersebut seperti consumer goods, kesehatan, dan bank.

4. Mempelajari Hal Baru

Tidak bisa dipungkiri, semakin banyak ilmu dan keahlian yang dikuasai, semakin banyak pula peluang untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya, kenaikan jabatan, mudah mendapat pekerjaan baru jika terkena PHK, ataupun membuka bisnis sendiri.

Nah Sahabat Dims, itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk menghadapi resesi ekonomi global yang diprediksi akan terjadi tahun depan. Bagaimanapun kondisinya, jangan panik yaa Sahabat Dims. Hal tersebut bertujuan agar Sahabat Dims dapat mencari solusi untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi.

Sumber:

ugm.ac.id

m.bisnis.com

(Silvi)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *