MAJALAH DIMENSI EDISI DIGITAL

WaRNA 2019: Dilaksanakan Lebih cepat dan Tanpa Gladi Bersih

Ilustrasi oleh: Yekti

Polines, DIMENSI (18/08)- Undangan dari Presiden Republik Indonesia (RI) ke Bali kepada seluruh Direktur dan unsur pimpinan untuk wilayah tengah, mengakibatkan majunya jadwal Wawasan Alamamater dan Orientasi Akademik (WaRNA). Hal tersebut dikarenakan Direktur Politeknik Negeri Semarang (Polines) juga turut menghadiri pertemuan tersebut pada tanggal 28 Agustus 2019. Maka, kegiatan WaRNA yang seharusnya dilaksananakan pada tanggal 28-30 Agustus 2019 kini mengalami kemajuan jadwal menjadi 27-29 Agustus 2019.

Seperti yang telah diinformasikan bahwa agenda WaRNA hari pertama pada 27 Agustus 2019 adalah WaRNA pusat sehingga kehadiran Direktur Polines sangat diperlukan. “Selain terkait dengan Rapat Senat Terbuka, tapi yang paling penting adalah peran Direktur sebagai pembicara sistem pendidikan tinggi kepada mahasiswa baru nantinya,”ungkap Bambang Eko Sumarsono sebagai Person In Charge (PIC) WaRNA.

Majunya jadwal WaRNA dari prediksi ini bukannya tanpa kendala. Terdapat beberapa kendala yang terjadi. Hal ini disampaikan oleh Adam Herlangga selaku Ketua Pelaksana, ia menyebutkan beberapa kendala yang terjadi antara lain berkaitan dengan gladi bersih WaRNA, peminjaman tempat, peminjaman alat, dan koordinasi dengan pembicara. “Pak Bambang sebagai PIC sudah mengkoordinasi dan berkontribusi untuk hal tersebut, jadi sudah mulai terselesaikan. Siap atau tidak WaRNA harus berjalan sesuai dengan yang telah dijadwalkan,” tambahnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, gladi bersih WaRNA untuk tahun ini tidak dilaksanakan. Menurut pemaparan Bambang, tidak dilaksanakannya gladi bersih tersebut tidak menjadi masalah, karena hal tersebut guna mengefektifkan waktu dan hal paling penting adalah tujuan dari WaRNA tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Sebagaimana tujuan dari WaRNA adalah memperkenalkan sistem perkuliahan kepoliteknikan yang tentu saja berbeda dengan di universitas, salah satu contohnya adalah penggunaan jam kuliah sebanyak 38 jam dalam seminggu dan lain sebagainya. Selain itu,  agar mahasiswa baru (Maba) lebih mengenal kegiatan kemahasiswaan di Polines, tidak hanya di bidang akademik tetapi juga bidang non akademik. “Agar lebih dinamis, maba pun perlu lebih mengenal kegiatan kemahasiswaan Polines, supaya nantinya bisa bergabung di organisasi mahasiswa,” ucap Faishal Ali Romadhoni, selaku Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM).

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari kedua (28/8) akan diadakan Cakra dan PPM sebagai ajang pengenalan masing-masing Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Sedangkan untuk hari ketiga (29/8) akan diadakan WaRNA jurusan, dimana maba akan diberikan wawasan mengenai jurusan yang mereka tempuh nantinya.

Informasi mengenai jadwal resmi pelaksanaan WaRNA 2019 telah diberitahukan kepada seluruh maba melalui website Polines dan kegiatan pembekalan maba (14/8). Maka, pada tahun ini secara resmi 1900 mahasiswa akan melaksanakan WaRNA pada tanggal 27-29 Agustus 2019.

(Sheila)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *