Majalah Dimensi Edisi Digital

Training of Trainer, FKMPI Ajak Orda Lebih Kenal Polines

Jajaran Wakil Direktur dan Ketua jurusan masing-masing prodi ikut hadir dalam TOT. Dok. Arizal

Polines, Dimensi (21/11) – Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia (FKMPI) Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Training of Trainer (TOT), pada Kamis (21/11) di Ruang Serba Guna (RSG) Polines yang dimulai pukul 19.00-22.00 WIB. Acara yang mengusung tema Semangat Kebersamaan Wujudkan Integritas Polines ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Daerah (Orda) untuk lebih siap dalam melakukan sosialisasi kampus ke daerah masing-masing, termasuk pembekalan mengenai Polines secara lebih meluas. Selain dihadiri oleh para mahasiswa Orda, Acara ini turut mengundang Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Ketua atau Sekretaris jurusan, serta perwakilan tiap Orda Polines.

Widya Fitriani selaku Ketua Pelaksana mengatakan secara terus terang bahwa pembekalan yang diberikan di sini tidak hanya sebatas pengenalan program studi tiap jurusan di Polines, tetapi juga prospek kerja yang bakal didapat untuk masa mendatang, serta dilengkapi cara-cara mendapatkan beasiswa selama menjadi mahasiswa aktif yang nantinya bakal dituturkan saat tim Orda branding diri di sekolah asal masing-masing. “Kegiatan ini dapat mengeksplor semua tentang Polines, berawal dari bidikmisi, cara pendaftaran, regristasi, kemudian kurikululm Polines, serta yang paling penting adalah wawasan mengenai semua jurusan di Polines,” ungkap Hani Fahza selaku perwakilan salah satu Orda Blora.

Selain sebagai sarana menambah wawasan, Orda meyakini bahwa kegiatan ini sangat diperlukan untuk bekal bagi mereka dalam mengantongi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan saat branding Polines nanti. “ Menurut saya memang sangat diperlukan, seperti halnya saya dari jurusan Administrasi Bisnis tidak tahu mengenai jurusan lainnya seperti akuntansi terlebih teknik, dan dari kegiatan ini menjadi tambahan wawasan lintas jurusan yang sangat diperlukan untuk disampaikan ke adek tingkat,” tambah Hani Fahza.

Acara TOT ini sendiri adalah bagian dari terobosan pertama yang diajukan oleh divisi Penalaran dan Keilmuan (P dan K) tim FKMPI BEM Polines kepada institusi untuk meminta persetujuan penyelenggaraan. Disamping terealisasinya persetujuan tersebut, TOT dijadikan salah satu program kerja baru yang nantinya program kerja ini bakal menjadi aspek kegiatan berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya. “Kegiatan ini berorientasi positif untuk kedua pihak, yaitu institusi dan Orda, jadi untuk kelanjutan kegiatan tahun mendatang diserahkan sepenuhnya kepada tim FKMPI BEM Polines sendiri,” ungkap Adhy Purnomo selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan yang berorientasi positif ini mengundang banyak harapan dari berbagai pihak. Hani Fahza mengatakan bahwa dirinya menilai acara ini cukup luar biasa. “Keseluruhan acaranya bagus, untuk koreksinya sendiri ada di bagian penjelasan pemateri, durasi waktunya kurang lama sehingga belum tersampaikan secara menyeluruh,” tambahnya. Adhy Purnomo menaruh harapan pada acara ini untuk tetap dijadikan sebuah ajang bagi mereka dalam menyampaikan informasi akurat mengenai kondisi Polines. Disamping itu semua, harapan yang dianggap paling krusial tak lain halnya adalah tetap dijadikannya kegiatan ini sebagai tempat Orda untuk mengetahui secara penuh mengenai Polines dan seisinya dalam rangka bekal branding diri di wilayah masing-masing, tegas Widya. (Manda)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai