Pengalihan Fungsi Kantin Tata Niaga ke Gedung Baru

Nampak depan gedung baru Kantin Tata Niaga. -Dok. Desi

Pembangunan gedung Kantin Tata Niaga Baru/Parkiran Tata Niaga Politeknik Negeri Semarang (Polines) yang dimulai sejak Agustus 2019, kini sudah selesai pembangunannya. Gedung yang direncanakan selesai pada Desember 2019 tersebut, baru rampung di awal Januari 2020. Area yang dibangun terdiri dari 2 lantai, lantai 2 sudah digunakan untuk tempat parkir mahasiswa sedangkan lantai 1 yang rencananya akan dialihfungsikan untuk kantin Tata Niaga (TN), belum dioperasikan karena masih ada beberapa kekurangan.

Terkait hal tersebut, Saniman Widodo selaku Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan mengatakan bahwa pembangunan gedung sudah mencapai tahap akhir tapi ada beberapa yang perlu ditambahkan. “Untuk bangunan gedung sudah 100% jadi. Akan tetapi ada beberapa yang perlu ditambahkan, seperti saluran tempat pembuangan air. Maka dari itu dibuatkan dulu saluran untuk limbah tersebut,” ucap Saniman. Beliau juga mengungkapkan bahwa tambahan terkait perlengkapan dari penggunaan gedung, tergantung dari siapa yang menggunakan tempat tersebut.

Selain itu, bagian lantai 1 yang memiliki 6 ruang ini rencananya akan digunakan untuk kantin TN dan perkantoran lainnya. “Jadi nantinya yang berada di area kantin TN lama seperti Baitul Mal Wattamwil (BMT), kantin TN, dan Bank Mandiri Syariah akan dipindahkan ke gedung baru. Kemudian untuk sisa tempatnya, tergantung dari siapa yang ingin menyewa gedung tersebut,” jelas Saniman.

Kabar mengenai pemindahan area TN menuai tanggapan dari beberapa orang yang akan menggunakan area tersebut. Seperti Ifa salah satu penyewa kantin TN, ia mengatakan bahwa belum ada informasi resmi secara langsung dari pihak institusi. Namun, jika diminta untuk pindah, mereka bersedia. “Di sini saya hanya menyewa, jadi kalau pihak pusat meminta kami untuk pindah ke gedung baru, maka kami akan pindah sesuai prosedur yang telah ditetapkan,” ucap Ifa. Hal serupa juga disampaikan oleh Boaz, pegawai kantin TN lainnya. Ia mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada sosialisasi resmi mengenai pemindahan tersebut. Selain itu, ia menilai bahwa kapasitasnya lebih sempit jika dibandingkan dengan kantin TN yang lama.

Sementara itu, saat ditanya mengenai kapan pemindahan tempat, Saniman mengaku belum tahu secara pasti kapan akan dilakukan pemindahan tersebut. Selain itu, beliau juga belum tahu secara pasti area TN dialihkan untuk apa. “Pemindahannya belum pasti, tetapi saya menginginkan secepatnya pemindahan ke gedung baru tersebut. Harapannya bangunan dapat dipakai awal masuk semester baru ini. Kemudian untuk setelah ini kantin TN digunakan buat apa, juga belum tahu. Namun, saya sudah membicarakannya ke bagian Rumah Tangga dan Jurusan, karena di sini masih banyak kekurangan ruangan terutama Jurusan Akuntansi yang memiliki banyak kelas,” ucap Saniman. Ia juga mengharap bahwa nantinya setelah ada gedung baru, kuliah akan semakin nyaman dan kapasitas mahasiswa dapat ditingkatkan.

(Desi)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai