Majalah Dimensi Edisi Digital

Libur Telah Tiba, Hore!

Ilustrasi oleh: Yekti

“Adakah yang lebih berat dari begadang tiap malam ngerjain tugas yang nggak ada habisnya?”

Ada, jawabannya yaitu rasa rindu pada suasana kampung halaman ketika ramadan. Suasana sahur dan berbuka puasa tentunya akan membuat rindu, terutama bagi mahasiswa perantauan yang notabene memang jauh dari kampung halaman.

Rutinitas yang biasanya dijalani dengan keluarga, kini hanya sebuah angan-angan saja. Jadi ngga heran nih, kalau mudik lebaran adalah suatu momen yang pastinya sangat dinanti- nanti.

Muhammad Riza Abdul Syukur, Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin memaknai mudik bukan hanya menghilangkan penat setelah berkutat dengan dunia perkuliahan tapi juga mengobati homesick yang sudah kronis.

Tidak berbeda halnya dengan Nurshaiyah Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, “Mudik kali ini akan jadi obat kerinduan akan kampung halaman,” ungkapnya.

Eitss…. tapi, jangan karena terlalu senang kalian jadi lupa hal-hal penting yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum momen mudik ini berlangsung. Nah, simak beberapa tips dan trik berikut untuk sahabat dims yang berencana mudik lebaran tahun ini:

1. Pastikan dulu kalian bisa pulang atau tidak waktu libur lebaran tahun ini ya guys.
2. Pesan tiket jauh-jauh hari.
Bagi kalian yang berencana mudik meggunakan transportasi umum sebaiknya melakukan reservasi tiket setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan supaya tidak kehabisan tiket.
3. Cari teman mudik dengan tujuan yang sama biar nggak gabut di jalan.
4. Selesaikan dulu urusan kampus dan organisasi.
Pasti tahu sendiri kan beberapa dosen suka ngasih Tunjangan Hari Raya (THR) berupa “parsel tugas” buat dikumpulkan pasca lebaran. Maka dari itu, sebisa mungkin cicil tugas agar tidak ada tanggungan ketika liburan. Selesaikan juga tugas organisasi agar terhindar dari teror whatsapp teman-teman yang menagih laporan pertanggungjawaban kegiatan atau proposal.
5. Siapkan daftar barang yang akan dibawa selama liburan, pastikan yang penting-penting saja.
Untuk barang-barang yang susah dibawa mudik bisa dititipkan kepada orang yang kamu percaya seperti penjaga kosan atau teman terdekat yang tidak mudik. Jangan lupa untuk mematikan dan mencabut semua peralatan elektronik di kamar kamu.
6. Buat sahabat dims yang akan mudik menggunakan sepeda motor sebaiknya dicek terlebih dahulu kendaraan yang akan digunakan, pastikan semuanya aman terkendali.
7. Jaga kesehatan dan jangan lupa berdoa agar selamat sampai tujuan, karena yang terpenting bagi orang tuamu adalah melihatmu dalam keadaan sehat.
Nah, sekarang kamu sudah siap mudik?
Salam ya untuk keluarga di rumah.

(Ambar & Amel)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *