Majalah Dimensi Edisi Digital

Ingatkan Maba Pentingnya Berorganisasi Lewat Dinamika Kelompok

Wakil Prabu Konsep sedang memberikan materi pada sesi dinamika kelompok. Dok. Arizal

Polines, Dimensi (29/8) – Hari ketiga pelaksanaan Wawasan Almamater dan Orientasi Akademik (WaRNA) 2019 telah selesai. Pada tahun ini terdapat beberapa inovasi dari panitia, salah satunya adalah kegiatan dinamika kelompok yang diisi dengan materi seputar keorganisasian. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 13.45 WIB hingga 14.45 WIB yang bertempat di berbagai area outdoor di Politeknik Negeri Semarang (Polines). Salah satu pertimbangan diadakannya dinamika kelompok adalah kurangnya peminatan mahasiswa untuk mengikuti organisasi.

Pada dinamika kelompok, panitia juga merangkul seluruh organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di Polines untuk berkontribusi. Setiap ormawa harus mengirimkan dua perwakilan, yaitu ketua dan perwakilannya. Mereka diminta untuk mengisi materi dan panitia pun menyarankan untuk diadakan games pada dinamika kelompok, namun hal itu tidak diwajibkan. “Kita sudah merekomendasikan ke ormawa dan nanti game-nya dari ketua ormawa ingin seperti apa itu juga terserah mereka. Harapan saya maba juga bisa happy dalam dinamika kelompok,” ungkap Adam Herlangga selaku ketua pelaksana WaRNA 2019. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang untuk branding ormawa serta menantang kapasitas dari masing-masing ketua ormawa.

Setiap  ormawa memegang dua kelompok maba yang satu kelompoknya terdapat sekitar 40-50 orang. Sedangkan setiap satu kelompok akan diberi materi oleh satu orang dari perwakilan ormawa tersebut. Tak hanya materi tentang organisasi, setiap ormawa juga membagikan cerita suka duka mereka di ormawanya dan menceritakan bagaimana cara perekrutan anggota ormawa. Mereka berusaha untuk terus memotivasi para maba agar memiliki minat dan niat untuk belajar berorganisasi. Beberapa kelompok terlihat asyik dengan games yang diberikan, dan yang lainnya juga bersemangat dengan yel-yel mereka.

Dinamika kelompok ini disambut dengan senang hati oleh para maba. “Sangat bermanfaat karena bisa sharing, diberitahu bagaimana nantinya dunia perkuliahan,” ungkap Figo Muhammad Feryansyah, maba Jurusan Teknik Sipil. Selain itu, maba Jurusan Administrasi Bisnis, Marsaa Putri Maharani, juga mengatakan kalau kegiatan tersebut menambah wawasannya untuk mengikuti organisasi yang ada di Polines dan games yang diberikan sangat seru sehingga tidak terlalu membosankan.

Ormawa juga menyambut positif kegiatan dinamika kelompok yang baru ada di tahun ini. “Ketika diminta untuk mengisi materi, kami menanggapi hal ini dengan positif, sekaligus bisa jadi ajang branding untuk semua ormawa,” ungkap Yusmi, ketua ormawa New PLBS FM.  Begitupun menurut  Contardo Alfabiyan, selaku ketua ormawa Rohani Kristen (Rohkris), mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena memberikan ruang kepada ormawa untuk bisa menyemangati maba sekaligus mengenalkan ormawanya. Dia juga berharap supaya nantinya maba bisa lebih aktif mengikuti organisasi yang ada. (Amel)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *