Majalah Dimensi Edisi Digital

Gladi Bersih Awali Kegiatan LDK

Maba meluruskan barisan pada saat gladi bersih LDK, Senin (14/8) di lapangan hijau Polines, doc tim foto

Polines, Dimensi (14/08) – Serangkaian acara Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK) telah dimulai pada senin (14/8) di lapangan hijau Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan agenda gladi bersih yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Acara gladi ini terdiri dari serangkaian pengarahan seputar pemberangkatan, perlengkapan yang harus dibawa oleh mahasiswa baru (maba) saat LDK, pembagian pleton sesuai gelombang masing-masing, serta pembagian kaos Polines, topi, training dan kaos LDK.

LDK tahun 2017 ini berbeda dari LDK tahun kemarin, karena dalam LDK tahun ini pelaksanaannya dibagi menjadi tiga gelombang. Pemberangkatan gelombang satu dilaksanakan pada 17 Agustus pukul 20.00 WIB, sedangkan gelombang dua pada tanggal 20 Agustus pukul 09.30 dan gelombang tiga pada tanggal 23 Agustus pada jam yang sama. Untuk pemberangkatan di semua gelombang, maba diharuskan untuk datang setengah jam sebelumnya di lapangan hijau dengan memakai kaos dan training Polines disertai dengan topi. Pada gelombang satu maba yang akan berangkat sekitar 510 orang dengan menggunakan truk TNI dari pihak KODAM yang berjumlah sekitar 10 sampai dengan 15 truk.

Pembagian gelombang keberangkatan juga sudah dibagi dan diberitahukan kepada maba melalui pesan singkat langsung. “Kalau pembagian gelombangnya itu kita sudah dapat sms langsung dari pihak Polinesnya, jadi dapat informasi saya masuk gelombang keberapa sekaligus informasi mengenai jadwal gladi bersih hari ini. Tadi juga saat gladi bersih untuk maba yang belum mendapat sms dikelompokkan tersendiri yang kemudian dibagi secara acak oleh pihak Resimen Mahasiswa (Menwa) masuk ke gelombang berapa”, terang Sinta Dewi Rahmawati, maba jurusan Akuntansi.

Untuk pembagian kaos dan topi Polines dilakukan pada pukul 10.00 WIB bergilir masing-masing kompi yang diwakili enam orang perwakilan maba dari tiap pleton untuk mengambil di BAKPK. Sedangkan pendistribusian training dan kaos LDK dilakukan secara bertahap, yakni gelombang satu dilakukan hari ini sekitar pukul 11.30 WIB bertempat di bengkel sipil, gelombang dua pada tanggal 15 Agustus dan gelombang tiga pada tanggal 16 Agustus.

Di pembagian gelombang satu, antrian yang panjang dan waktu pembagian yang lama banyak dikeluhkan oleh maba, termasuk jumlah menwa yang melayani juga dinilai kurang banyak. Adel, maba jurusan Administrasi Bisnis mengatakan bahwa pembagian kaosnya sebenarnya tidak ada masalah, namun ia menyarankan agar Menwa yang melayani bisa diperbanyak agar antriannya tidak lama. “Mungkin pembagian ini bisa dilakukan per pleton dengan ditangani dua orang menwa di masing-masing pleton untuk efisiensi waktu,” tambahnya.

Pihak Menwa pun telah mempersiapkan kegiatan LDK tahun ini sejak Mei lalu. Diantaranya meliputi personel-personel baik itu Komandan Pleton (Danton), provos, satgas keamanan dan koordinasi dengan pihak institusi, meskipun dari pihak Menwa sendiri hanya mendapat amanat untuk mengirimkan lima orang saja yang bertugas mengawasi serangkaian kegiatan LDK di Magelang, “Pihak Menwa  yang berangkat ke Magelang tiap gelombang hanya  lima orang saja, akan tetapi saat pemberangkatan dari Polines nanti semua Danton dari gelombang tetap berkumpul disini untuk membantu supaya lebih mudah”, ujar Ahmad Fajrul Falah, selaku Komandan Menwa.

Ahmad Fajrul Falah menaruh harapan agar LDK tahun ini pelaksanaannya lancar sehingga maba dapat memperoleh ilmu dan kedisiplinan yang lebih baik lagi dibandingkan tahun lalu karena mereka langsung ditangani oleh pihak TNI.

(Nadia)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *