Majalah Dimensi Edisi Digital

Meski Sempat Terjadi Insiden, Pemira Berlangsung Aman

Polines, DIMENSI (06/04) – Salah seorang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) yang bertugas mengawal TPS keliling menjelaskan bahwa sempat terjadi salah paham antara pengajar di kelas TK-2B jurusan Telekomunikasi dengan panitia Pemira karena perizinan tempat. Ditanya perihal insiden ini, Ana selaku Menwa yang bertugas berkata bahwa Menwa tidak berwenang mengatasi hal itu. “Menwa hanya mengawasi jalannya Pemira. Seperti menertibkan pemilih, mencegah tindakan ricuh pemilih, dan menjaga agar Pemira berjalan dengan kondusif. Namun jika masalah perizinan yang berwenang adalah panitia Pemira.”

Untuk menjaga keamanan penyelenggaraan Pemira, Komisi pemilihan Raya (KPR) bekerjasama dengan Menwa. Personil Menwa disebar ke lima TPS, diantaranya TPS Elektro di sekolah B, Mesin di hall BEM lama, Sipil di gazebo sipil, Akuntansi di gazebo Akuntansi, dan Administrasi Bisnis di Kantin TN. “Diawal perjanjian terdapat 24 personil yang disebar, namun kemudian ditambah sehingga menjadi 30 personil”, jelas Ana salah seorang Menwa yang bertugas di TPS Elektro. Hal tersebut terjadi karena beberapa personil yang ditugaskan tidak bisa bertugas karena bebarengan dengan jam praktikum. Karena hal ini pada shift pagi, di TPS jurusan Akuntansi hanya terdapat satu personil yang berjaga. Namun karena masih belum terlalu banyak pemilih yang datang keamanan masih bisa berjalan kondusif dengan satu personil, dan setelah memasuki jam 10:20 hingga malam dua personil berhasil ditugaskan.

Meskipun mengalami kendala di dua TPS, keamanan di TPS jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Administrasi Bisnis cenderung berjalan aman hingga waktu pemilihan ditutup. “Mereka profesional dan benar-benar mengamankan TPS seperti menyortir siapa saja yang diizinkan masuk di area TPS, sehingga pemira berjalan dengan aman dan tertib”, ungkap Anisa, salah satu anggota Trouble Shooting Team dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Polytechnic Computer Club (PCC).

 

Diliput dan itulis oleh; Mawar dan Yuli

Telah  diterbitkan pada Buletin Cetak Edisi Pasca Pemira 2016

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Mahasiswa Tua berkata:

    Ini berita hasil pemira nya mana? Kok yang disebar sebar ke grup polines cuman insiden dan kondisi pemilihan saja…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *