Cuaca Panas, Maba Drop Saat LDK Hari Pertama

Oleh : Nefia ayu Prasasti
Polines, DIMENSI (24/08) – Cuaca yang panas pada saat Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK) hari pertama, menyebabkan beberapa maba jatuh pingsan. Meskipun baru hari pertama LDK berlangsung, namun sudah ada beberapa maba yang harus dievakuasi oleh tim Korp Sukarela (KSR). “Karena faktor cuaca panas, fisik yang lemah dan kebanyakan dehidrasi juga”, ucap komandan KSR, Muhammad Nur Syahid.
Berdasarkan data dari KSR pada hari pertama LDK maba yang harus dievakuasi sebanyak tiga belas orang. Serupa dengan komandan KSR, M.H Sofyan, petugas kesehatan dari Poliklinik yang membantu menangani KSR menuturkan bahwa penyebab maba pingsan karena cuaca yang panas dengan suhu mencapai 33 derajat celcius.
Faktor lain diungkapkan oleh Kapten Aprianda selaku komandan dari Banteng Raider, “Mungkin karena suasana baru terus sebagian juga merasa ada pressure dari senior dan pelatih, akhirnya kan kaget. Hal ini dapat membuat kondisi fisik bisa drop apalagi cuaca lagi panas gini ya langsung tumbang”.
Kapten Aprianda juga mengungkapkan bahwa beberapa maba merasa tertekan karena merasa ketakutan. “Mungkin mereka nggak biasa dibentak, dirumah juga nggak biasa dimarahain, jarang dengar teriakan sehingga mereka kaget dan ketakutan”. Ia menyarankan untuk segera mengisolasi maba dengan kondisi psikis semacam itu.
Selain tim dari KSR dan petugas dari Poliklinik, petugas kesehatan juga diterjunkan dari anggota TNI sebanyak lima orang. Sejauh ini maba yang perlu penanganan dari KSR hanya mengeluh dehidrasi, belum ada maba yang perlu penanganan serius.
Maba dihimbau untuk mengenali dirinya sendiri, khususnya mengenali kondisi tubuhnya. Selain itu jangan melewatkan sarapan agar tidak gampang drop saat kegiatan.

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *