Majalah Dimensi Edisi Digital

Keliling Semarang Gratis dengan Bus Si Kenang

Bus Si Kenang di tengah jalanan Kota Semarang. Dok. Nizarifqi

Tidak terasa weekend sudah datang. Bosan nih, pengin jalan-jalan. Kalau bisa ya jalan-jalan gratis biar makin irit. Kebetulan seminggu yang lalu lihat pamflet bus Si Kenang di story teman. Penasaran dong, wah apa nih? Keliling Semarang gratis pakai fasilitas bus? Hmm menarik.

Pamflet bus wisata Si Kenang

Akhirnya cari informasi di instagram sama mbah google. Alhasil nekat saja ke sana. Rencananya naik Bus Rapid Transit (BRT) sampai Museum Ranggawarsita, tapi bingung harus turun di halte mana. Ternyata masih harus naik angkot untuk sampai ke sana. Setelah sampai, ternyata benar-benar ada busnya dan belum berangkat, exited gitu aku.

Jadi, buat kalian yang belum tahu, Kota Semarang itu punya fasilitas bus keliling Semarang gratis di rute tertentu. Nah, bus ini bernama Si Kenang. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepersenpun, hanya mendaftar dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), maka kalian akan mendapatkan dua ID card.  Selama perjalanan ID card-nya jangan sampai hilang ya!

ID card yang digunakan untuk menaiki bus Si Kenang. Dok. Nizarifqi

Bus ini hanya tersedia satu unit dan beroperasi di jam-jam tertentu. Satu bus dapat menampung hingga 70 penumpang, rata-rata satu keluarga gitu pada liburan sama anak-anaknya. Pas lihat mereka, “WAW, wisata keluarga banget nih. Bahagia memang sesederhana itu.”

Waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB, pintu bus mulai terbuka. Pertama kali masuk, bus terlihat bersih. Aku bersama temanku mendapat nomor kursi 54 yang kebetulan berada di lantai dua. Busnya full, banyak yang tidak kebagian. Memang harus datang lebih awal agar bisa mendapat ID card.

Perjalanan keliling Kota Semarang sekitar 1,5 jam lamanya, Tour Leader memberi banyak informasi yang pastinya akan menambah wawasan kita mengenai kawasan Kota Semarang yang dilewati bus. Sampai di Taman Kasmaran, bus berhenti sekitar 30 menit. Lumayanlah bisa foto-foto dan cari makan untuk mengisi perut yang keroncongan. Setelah itu, perjalanan dilanjut ke tempat terakhir yaitu Museum Ranggawarsita.

For Your Information, sekarang sudah bertambah satu unit bus baru lagi. Namanya bus Si Denok, mungkin hampir sama seperti bus Si Kenang. Sekian ceritaku, selamat mencoba.

(Nizarifqi Hendrita F./Unnes/Fak. Ilmu Pendidikan)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Farr berkata:

    Yok cus… langsung naik Si kenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *