Libur Usai, Pompa Kembali Semangat Belajar Agar Tetap Lancar

Ilustrator: Novia

Libur lebaran telah berlalu, sudah saatnya kita kembali ke rutinitas perkuliahan. Namun, banyak dari kita yang sering terlena karena waktu liburan yang cukup panjang. Tak adanya aktivitas belajar selama liburan bisa menyebabkan rasa malas, benar bukan?

Di masa-masa liburan, kita terbiasa dengan ketidakdisiplinan. Seperti bangun kesiangan, rebahan, hingga bermain gawai sampai kelelahan. Apalagi dengan kebijakan pemerintah yang membuat kita harus tetap di rumah aja. Hal itu membuat kita lupa akan tugas kita untuk belajar, terlebih lagi dengan berbagai target yang ingin kita capai. Maka dari itu, perlu adanya persiapan untuk memompa kembali semangat belajar di masa pandemi seperti saat ini. Sahabat Dims bisa lakukan beberapa hal kecil berikut ini agar Study From Home (SFH) kamu tetap berjalan dengan lancar :

  1. Kuatkan kembali niat dan semangat untuk belajar. Terlalu lama libur menjadikan kita sejenak lupa untuk belajar. Hal terpenting yang perlu disiapkan adalah memotivasi diri dan menyiapkan niat agar kembali bersemangat dalam belajar.
  2. Simpan dan rapikan kembali berkas-berkas kuliah. Berkas kuliah yang sudah tidak dipakai dapat dirapikan dan disimpan kembali agar mudah dicari ketika diperlukan lagi.
  3. Review bahan/materi pembelajaran. Menjelang perkuliahan daring ini, perlu mengulas kembali materi yang lalu. Selain sebagai pemanasan agar tidak kaget saat menerima tugas dalam jumlah yang banyak, hal ini juga dapat membantu kita untuk lebih siap menerima materi baru dari dosen pastinya!
  4. Pastikan media yang menunjang perkuliahan dalam keadaan baik. Rutinitas kuliah daring tak lepas dari seperangkat alat/media yang menunjang perkuliahan seperti paket internet/WiFi serta laptop/komputer. Untuk itu, perlu memastikan peralatan tersebut dalam kedaan baik supaya tak ada kendala.
  5. Ubah jam tidur lebih awal agar bisa bangun pagi. Libur memang membuat kita malas untuk bangun pagi karena tidak adanya jadwal perkuliahan. Untuk itu, perlu mengubah jam tidur menjadi lebih awal sehingga bisa bangun pagi untuk memulai rutinitas perkuliahan.

Nah, itulah beberapa tips untuk mempersiapkan kembali SFH buat Sahabat Dims yang lagi di rumah aja. Yuk, ubah kebiasaan malas saat liburan! Tetap semangat menjalankan kuliah daring ya Sahabat Dims! Jangan lupa tetap jaga kesehatan selama di rumah.

(Rosita, Vera)

Advertisements

Mungkin Anda juga menyukai